Lo pernah nggak sih ngerasa harus banget
belajar... tapi kok rasanya maleees banget buat mulai? Atau sebaliknya, lo
pernah nggak sih, tiba-tiba pengen aja belajar sesuatu tanpa harus disuruh sama
siapapun? Sebenernya dari mana sih sumber motivasi kita supaya kita mau
belajar?
Di tulisan ini, gue mau ceritain apa sih yang
bikin seseorang itu bisa termotivasi untuk melakukan sesuatu, termasuk
termotivasi untuk belajar. Sebenernya, motivasi yang bagus itu bisa muncul dari
dalam tanpa perlu ada dorongan dari luar untuk melakukan itu. Tapi, masih
banyak orang yang berpikir kalau motivasi harus dateng dari luar. Coba aja lo
perhatiin, berapa banyak temen-temen lo yang suka ngomong gini:
“Gue ngerasa kekurangan motivasi nih”
“Kalo gue dikasih duit buat belajar, gue semangat deh belajarnya”
“Pacar gue harusnya lebih memotivasi gue buat belajar nih”
“Bokap dan nyokap gue nggak nyuruh gue belajar sih, gue jadi main
mulu deh”
“Lagi nggak ada PR, males banget belajar kalo nggak ada PR”
“Ulangan masih lama, jadi males deh belajarnya. Nanti aja pas mau
ulangan baru belajar"
Kebanyakan orang berpikir kalau kita cuma bisa
termotivasi dengan adanya dorongan dari luar. Contohnya seperti yang disebutin
di atas; Mulai dari hadiah, diingetin pacar, diingetin sama orang tua buat
belajar, dikasih PR, dipaksa belajar supaya nilai ulangan bagus, dll. Sebenernya,
yang namanya motivasi belajar itu nggak harus dateng dari hal-hal kayak gitu.
Justru kalau kita terbiasa termotivasi dengan reward-reward dari luar untuk
belajar, kita malah kehilangan fun dari belajarnya itu sendiri. Sementara kalau
kita terbiasa termotivasi dari dalam, efek dari belajar ini bisa berlangsung
seumur hidup, dan lo jadi ketagihan belajar seumur hidup lo; nemu ilmu baru itu
kayak nemu mainan baru, rasa senengnya nggak ilang-ilang. Serius gue
Supaya lebih kebayang apa yang lagi gue omongin, gue
akan cerita tentang 5 level motivasi; Mulai dari yang paling rendah, yaitu yang
paling butuh kontrol dari luar (otonomi paling rendah), sampai motivasi yang
paling tinggi, yang sama sekali nggak butuh kontrol dari luar (otonomi paling
tinggi). Ini sebenernya bagian dari Self-Determination Theory yang digagas oleh
Edward Deci.
Level 0. Amotivated
Untuk yang level 0 ini, nggak perlu dibahas lah
ya. Ini level paling rendah, kondisi di mana lo tidak termotivasi untuk
belajar.
Level 1. External
Contoh motivasi eksternal itu adalah, "Gue
mau belajar karena gue akan dikasih duit sama orang tua gue". Dorongan
utama motivasi eksternal ini adalah reward dari luar, biasanya rewardnya ini
nggak ada hubungannya sama sekali dengan belajarnya itu sendiri. Motivasi jenis
ini merupakan motivasi yang paling membutuhkan kontrol dari luar: Butuh ada
orang yang "nyogok" lu untuk belajar supaya lu mau belajar. Tingkat
otonominya paling rendah.
Level 2. Introjected
Contoh motivasi jenis ini adalah, "Gue mau
belajar demi orang tua gue". Pernah nggak sih lo dikasih motivasi dengan
diomongin gini: Bayangin orang tua lo udah ngelahirin elu, ngerawat lu dari
kecil sampe sekarang, ngasih makan, bawa lo ke sekolah biar pinter, dll. Mereka
pasti pengen lo lulus, masuk PTN yang bagus, dll.
Pada level ini, alasan lo belajar adalah untuk
orang lain, bukan untuk diri lo sendiri. Jadi, masih membutuhkan kontrol dari
luar, meskipun nggak setinggi Motivasi Eksternal (level 1). Tingkat otonominya
sudah mulai ada sedikit.
Level 3. Identified
Pada level ini, lo udah bisa melakukan
identifikasi bahwa apa yang lo pelajari itu berkorelasi langsung dengan nilai
lo di sekolah. Jadi kalau lo belajar supaya dapet nilai yang bagus atau dapet
ranking, lo udah ngerasain motivasi level ini.
Di level ini, lo udah belajar untuk diri lo
sendiri. Kontrol dari luar sudah berkurang dibanding level 2, tapi masih ada:
nilai atau ranking.
Level 4. Integrated
Di level ini, lo bisa melihat lebih jauh lagi
tujuan lo belajar: Lo belajar karena pengen jadi ilmuan/dokter/pelukis/koki/dll,
karena pelajaran ini nanti berguna buat karir lo, pengen pinter, pengen berguna
buat masyarakat, dll.
Motivasi level 1 sampai level 4 ini adalah
motivasi ekstrinsik, di mana lo termotivasi untuk belajar karena sesuatu di
luar belajar itu sendiri. Di antara motivasi ekstrinsik lainnya, Integrated
(level 4) ini adalah bentuk motivasi yang paling sedikit membutuhkan kontrol
dari luar. Lo udah punya kesadaran sendiri tentang kenapa lo pengen belajar,
sehingga tingkat otonominya juga lebih tinggi dibanding level 1-3.
Level 5. Intrinsic
Nah, jenis motivasi intrinsik ini lah yang
tingkat otonominya paling tinggi, dia nggak membutuhkan kontrol dari luar.
Karena di level ini, lo ngerasain bahwa belajar itu fun, bikin lo seneng banget
ketika lo bener-bener ngerti sama apa yang dipelajari.
Lo bayangin the best game yang pernah lo mainin.
FIFA? PES? Angry Birds? DOTA? GTA? Catur? Silent Hill? Kenapa lo termotivasi
banget main itu semua? Padahal, lo nggak diiming-iming sama nilai, nggak
dikasih duit juga untuk main game-game itu, lo main game juga bukan demi orang
tua lo, dll. Pokoknya lo pengen aja main game itu karena: fun. Nah,
sebenernya dari mana sumber “fun”-nya ini? Pertama, lo melakukannya karena
nggak ada paksaan dari luar. Selain itu, ini yang sangat penting, lo ngerasa
ketika lo main game tersebut, lo bisa ngelewatin berbagai challenge yang ada
di situ.
Dalam belajar, ini juga bisa terjadi. Kalau
dorongan belajar lo itu muncul dari dalam, justru mungkin banget lo ngerasa
kalau belajar itu “fun”. Reward dalam belajar itu yang paling kuat itu bukan
ketika kita dapet nilai 100 di sekolah. Reward dalam belajar itu adalah ketika
lo bisa bilang “Anjir gue ngerti banget konsepnya!!!”.
Lima level motivasi ini bisa kita rangkum jadi
gambar di bawah ini:
OK. Berikutnya kalau lo udah tau kalau motivasi
intrinsik itu penting, terus gimana kita bisa mencapai itu? Well, mulainya
nggak harus langsung termotivasi secara intrinsik. Bisa aja lo mulai dari level
3 or 4 dulu. Awalnya lo termotivasi supaya bisa dapet nilai yang bagus di
sekolah, atau termotivasi untuk bisa lulus PTN dan masuk jurusan di kampus
idaman lu. Mulai dari situ udah lumayan bagus. Tapi trik berikutnya adalah: Jangan
belajar cuma untuk bisa jawab soal. Karena kalau lo belajar cuma untuk bisa
jawab soal, lo akan berpikir untuk nyari trik-trik ngerjain pake rumus cepet
lah, ngafalin pake jembatan keledai lah, dan sebagainya. Belajar dengan cara
ini nggak akan bikin lo termotivasi secara intrinsik, yang ada malah lo eneg
banget sama pelajaran itu gara-gara banyak banget yang harus dihafal.
Nah, jadi supaya lo nyampe ke motivasi level 5,
awalnya lo harus belajar dengan nge-push diri lo semaksimal mungkin sampe
bener-bener ngerti konsepnya. Pas lo bisa bener-bener ngerti, itu rasanya
asik banget, men. Berikutnya, ketika lo ketemu challenge lagi, lo push
lagi diri lo sampe bisa, sampe bener-bener ngerti konsepnya. Berkali-kali kayak
gitu, nantinya lo akan ngerasa kalau effort lo untuk ngerti konsep itu
makin lama makin enteng.
Sebenernya sama aja kayak main
game. Bayangin game yang dulunya lo nggak bisa, terus sekarang lo jago
banget. Game apa aja; PC Games (DOTA, AOE, The Sims, dll), Console Games (FIFA,
PES, dll), Tablet Games (angry birds, temple run, dll), Catur, Kartu, Sepak
Bola, Bola Basket, Tenis, Bulutangkis, apa aja deh. Awalnya lo nggak bisa
apa-apa, terus lo mulai belajar dari yang simple-simple, terus lo bisa, seneng
kan rasanya? Nah, terus lo main lagi, pelajarin game-nya, sampe lo jago. Kenapa
lo mau susah-susah pelajarin game itu sampe lo bisa jago? Karena motivasi lo
untuk melakukan itu semua datangnya dari dalam diri lo sendiri.
Nah, belajar tuh juga gitu. Kalau lo udah
ngerasain “fun”-nya belajar, lo akan ketagihan untuk pengen belajar layaknya
ketagihan main game
1 komentar:
hebat..
Posting Komentar