Hai, udah hari Jumat aja nih, apa kabar weekend
lo besok? Ups, gua lupa lagi banyak yang lagi sibuk buat belajar untuk UAS yah?
Hehe.. Oke, kalo gitu blog zenius kali ini gua akan bahas satu tema yang gua
pikir bisa bermanfaat banget buat lo yang lagi mempersiapkan diri buat UAS.
Pernah gak sih lo ngerasa kesel banget waktu
ujian karena mungkin lo udah ngafalin mati-matian materi yang akan diujikan,
tapi masih aja ada hal yang lo kelupaan. Atau yang paling nyebelin tuh justru
soal yang keluar adalah hal yang justru kebetulan satu-satunya yang lo lupa?
Nah, kalo itu sering kejadian sama lo, artinya lo gak menyimpan informasi yang
lo serap waktu belajar sebagai long term memory.
"Lha, katanya di zenius itu gak boleh ngehafalin, harus fokus ke konsep.. tapi masa iya kita gak boleh ngehafalin sama sekali waktu belajar. Toh kan pasti ada aja dalam belajar kita mau gak mau ngafalin satu istilah baru, entah itu tahun, nama tokoh, nama ibukota, vocabularies, dsb.."
Yup ! Kita juga ngerti kok kalo kemampuan
otak manusia itu memang salah satunya untuk recall memory. Tapi
yang selalu kita permasalahkan adalah.. banyak siswa yang HANYA
mengandalkan sebagian kecil kemampuan otaknya (recalling
memory) untuk selalu jadi senjata utama dalam setiap kali
menghadapi ujian.
Sebenernya kebiasaan menghafal ini sedikit
banyak dipengaruhi juga sama jeleknya kualitas soal ujian di Indonesia yang
seringkali hanya menguji kemampuan recalling memory aja. Sehingga lo
secara gak sadar jadi terbiasa harus menghafal untuk bisa survive dalam
ujian. Kan konyol kalo kita udah ngerti konsepnya tapi lupa nama atau gimana
cara penulisan satu istilah baru yang masih asing.
Misalnya nih lo lagi belajar organ otak di
pelajaran Biologi, terus lo harus tau bahwa nama bagian otak ada : frontal
lobe, parietal lobe, occipital lobe, dan temporal lobe..
Terus lo ngafalinnya dengan cara mengucapkan
secara berulang “frontal lobe-parietal lobe-occipital lobe-temporal
lobe... frontal lobe-parental? eh parietal lobe-ohsipit? uh.. occipit? lobe...
frontal lobe (berbusa)...”. Nah terus ujung-ujungnya lo ngabisin
waktu berjam-jam cuma buat ngafalin istilah begituan tanpa ngerti apalagi
menikmati proses belajar itu sendiri.
Emang sih, bisa jadi lo survive dalam
ulangan atau ujian hanya dengan lo mati-matian menghafal materi yang diujikan..
TAPI dengan begitu lo gak belajar esensi yang sesungguhnya dari pelajaran
tersebut. Sementara temen-temen lo yang lain semakin terasah otaknya untuk daya
analisa, logika, kemampuan verbal, abstraksi, dll.. sedangkan lo yang terasah
cuma kemampuan ngehafal alias cuma recalling memory doang.
Terus masa jadi gak boleh
menghafal sama sekali? Jawabannya, bukan boleh atau gak boleh, tapi justru
(seharusnya sih) gak perlu. Kok bisa gak perlu? Gini, kalo lo bisa memahami
bagaimana cara otak kamu bekerja dalam menyerap informasi.. Kemampuan recalling
memory lo akan dengan otomatis bekerja tanpa perlu lo usaha
mati-matian menghafal sampe berbusa begitu.
Berdasarkan buku Educational
Psychology: Developing Learners (5th edition) yang ditulis oleh Jeanne
Ellis Ormrod. Proses perekaman ingatan di kepala lo terjadi dalam tiga tahap.
- Pertama, info yang ada di luar tubuh kamu dirasakan oleh indra kamu, misalnya, pelajaran yang diterangkan guru dilihat oleh mata dan didengarkan oleh telinga.
- Kedua, jika kamu memerhatikan informasi itu, maka info masuk ke short-term memory alias ingatan jangka pendek.
- Ketiga, jika ingatan ini diproses lagi secara mendalam, maka infonya disimpan secara lebih permanen di long-term memory.
Nah sekarang hubungannya sama UAS
nanti: Gimana sih caranya supaya materi pelajaran yang lo pelajari itu masuk di
long-term memory kamu, bukan di short-term memory doang. Nah
first of all...
Lo harus
melihat proses belajar itu sebagai sesuatu yang lo nikmati.
Kalo buat lo belajar itu adalah
keterpaksaan dan jadi beban.. mau pake teknik dewa ato pergi ke dukun mana pun
lo gak akan bisa masukin materi pelajaran itu ke long-term memory lo.
Gua pribadi nih, udah lama banget
meninggalkan bangku sekolah.. tapi sampe sekarang gua masih cukup ingat lah
sebagian besar kronologi sejarah Indonesia. Gua masih ingat juga tentang konsep
cara kerja tubuh manusia sebagai sistem yang terintegrasi, atau kenapa
kebijakan ekonomi mempengaruhi kondisi pasar, dlsb.. Padahal itu semua gua
pelajari kira-kira udah 10 tahun yang lalu lho. (Iyee emang gua udah tua, nanti
lu juga tua kok!)
Tapi apa itu semua gua hafalin?
Apa gua super jenius? Sama sekali enggak.. Itu semua gua ingat simply
karena gua menikmati proses belajar tersebut. Kira-kira prosesnya sama dengan
proses gua inget sebagian besar nama-nama hero, item, dan skill di game DOTA.
Inilah kenapa lo mungkin bingung
kok susah banget ngafalin tahun yang sebenernya cuma 4 digit doank tapi nomer
hape kecengan yang 11 digit bisa lo hafalin cuma sekali lirik, hehehe..
Nah kalo masalahnya emang lo gak
suka atau bahkan benci sama pelajaran tersebut... Ini masalah yang baru dan
supaya bahasan tulisan ini gak meluas, mungkin akan gua tulis artikelnya lain
waktu. Tapi salah satu tulisan wisnu tentang apa sih yang bisa bikin kita
termotivasi bisa jadi bacaan yang paling tepat untuk bantu lo sekarang yang
bingung kenapa kamu gak termotivasi belajar mata pelajaran tertentu.
Nah lanjut, hal kedua yang perlu
kamu lakukan adalah...
BUAT
MIND-MAP!
Makhluk apaan lagi nih mind-map?
Nih daripada ribet gua kasih contoh mind-mapping yang dibuat Pras pas ngajar
Biologi
Sering banget nih, siswa belajar cuma dengan baca
buku cetak dan catetan yang ditulis waktu guru nerangin doank.. Termasuk gua
juga dulu sempet belajar dengan cara kayak gitu.. dan emang waktu baca dari
buku cetak dan catetan sih gua manggut-manggut aja rasanya kayak udah ngerti,
tapi begitu dapet soal yang menguji daya analisa dan pemahaman konsep yang
mendalam... DUAR ! Gua bingung harus jawab dari mana.
Ya iyalah, kalo kita cuma menyerap informasi dari
catetan doank, kita gak akan ngerti konsep materinya secara komprehensif
(menyeluruh). Dengan kita bikin mind-mapping / ringkasan / rangkuman, atau
apapun sebutannya... kita tanpa sadar udah masuk ke dalam proses belajar dari
proses meng-organize informasi atau data yang lo dapetin secara
acak untuk kemudian diterjemahkan berdasarkan kategori tertentu.
Apalagi kalo lo bisa
sedikit kreatif dengan membubuhkan banyak gambar visual, diagram, tabel, dan
dikategorisasi dengan warna-warni yang berlainan.. Selain lo melatih kemampuan
abstraksi dan permodelan dalam otak lo, secara gak sadar lo juga membantu otak
lo untuk bisa mencerna informasi tersebut dengan lebih mudah.
Tambahan lagi. Ada research nih yang
bilang kalau anak-anak yang suka ngajarin temen-temennya itu bisa lebih ngerti
sama konsep yang disampein dibanding yang nggak ngajar. Nah, bikin mind-mapping
ini sebenernya mirip dengan lo berusaha ngajarin, tapi ke diri lo sendiri. Ada research
juga yang nunjukin bahwa self-explaining ini dampaknya mirip
dengan ngajarin temen.
Jadi kalau lo abis nonton video teori di
zenius.net nih misalnya, lo cobain aja bikin mind-map konsep-konsep yang baru
lo pelajarin. Nonton pembahasan soal di zenius.net juga gitu. Abis nonton, coba
kerjain ulang soalnya, dan bikin mind-map untuk konsep-konsep yang dipake di
soal itu.
Kemudian salah satu tips lain agar lo bisa lebih
mudah mengingat sekaligus menikmati belajar adalah dengan...
Visualisasikan Materi Ajar itu Dalam Otak Lo..
Sebelumnya, Faisal juga pernah nulis artikel
tentang gimana cara belajar Sejarah yang bener. Salah
satu point penting yang dia sampaikan disitu adalah dengan mem-visualisasikan
kronologi sejarah sebagai chains of events yang
bisa lo setel seperti film di otak lo.
Sebenernya gak cuma sejarah doank yang bisa
menggunakan cara ini, tapi hampir semua mata pelajaran yang bersifat konkrit
itu sebenarnya bisa lo permudah cara belajarnya dengan secara visualisasi
materi pelajaran tersebut di otak lo. Emang sih ada beberapa pelajaran yang
bersifat abstrak yang gak mungkin lo visualisasikan seperti matematika dan
bahasa. Tapi untuk pelajaran seperti sejarah, geografi, fisika, biologi
(apalagi bab reproduksi, hehe.. ) bisa banget lo bayangkan secara visual dalam
otak lo.
Nah maksud gua visualisasikan itu bukan pake
jembatan keledai atau semacamnya yah.. itu sih solusi jangka pendek doank yang
gua jamin pasti cuma masuk ke short-term memory yang langsung
"bubar" begitu lo keluar dari ruangan ujian.
Yang gua maksud visualisasikan adalah dengan lo
membayangkan contoh nyata yang bisa relate secara konkrit dengan
materi yang lo pelajari. Kalo misalnya lo lagi belajar tentang Sejarah Politik
di Amerika, ya lo coba visualisasikan peristiwa sejarah tersebut (misalnya
peristiwa Boston Tea Party) kayak film hollywood atau (kalo buat lo yang suka
maen game) kayak salah satu mission di Game Assassin's Creed 3.
Hal yang sama juga bisa lo terapkan kalo lo lagi belajar gimana proses
cara kerja jantung atau apa dampak kebijakan moneter bagi keadaan ekonomi di
sebuah negara.
* * *
Okay, itu sedikit tips dari gua yang bisa gua
bagikan, moga-moga bisa bantu lo untuk bisa menikmati proses belajar sekaligus
memanfaatkan cara kerja otak lo dengan lebih efektif untuk bisa mendapatkan
esensi dari pelajaran itu.
So... untuk UAS kali ini, lo nikmatin deh proses
belajarnya. Stress sedikit nggak apa-apa; asalkan lo gunain stress itu untuk
mendorong lo belajar lebih giat lagi, bukan cuma stress mikirin tapi nggak ada
action apa-apa.
Terus satu lagi. Bisa jadi nih ya... nilai ujian
lo besok nggak berdampak signifikan dalam hidup lo (lo nggak akan ditanya sama
perusahaan yang wawancara lo "Berapa nilai UAS lo waktu SMA"
misalnya). Tapi gue jamin, proses belajar yang lo laluin hari
ini, besok, dan kedepannya akan sangat bermanfaat dalam hidup lo... bahkan
sampe kelak lo tutup mata. Okei Boss?
0 komentar:
Posting Komentar